Markandeya Purana yang terkenal adalah satu di antara delapan belas
Mahapuranas. Purana ini memiliki karakter yang berbeda dari semua yang
lain. It has nothing sectarial dari semangat, sedikit dari agama nada;
jarang memasukkan invocations dan doa-doa kepada dewa, dan seperti yang
dimasukkan singkat dan moderat. It deals sedikit di precepts, upacara
atau moral. Nya adalah fitur yang naratif; dan menyajikan sebuah
terganggu suksesi dari legenda, yang paling kuno adalah ketika
embellished dengan keadaan baru, dan ketika baru sampai saat ini bagian
dari semangat yang lama, bahwa mereka tdk memihak kreasi dari imajinasi,
yang tidak tujuan tertentu, yang dirancang khusus untuk
merekomendasikan tidak doktrin atau pemeliharaan.
Purana yang dibagi menjadi lima bagian berbeda, yaitu: --
1. Bab 1-9, yang disebut oleh Jaimini ke Markandeya Burung yang
bijaksana, dan mereka langsung menjelaskan kepadanya empat pertanyaan
yang bingung dia dan beberapa hal-hal terhubung.
2. Bab
10-41, di mana, meskipun Jaimini propounds pertanyaan lebih lanjut ke
Burung dan mereka nominal mereka secara terperinci, namun sebenarnya
adalah speaker Sumati, nicknamed Jada, dan ayahnya.
3. Bab
42-78: disini, meskipun Jaimini dan Burung adalah nominal speaker, namun
sebenarnya adalah speaker Markandeya dan murid Kraustuki.
4.
Bab 79-90, yang Devi-mahatmya, (popularly dikenal sebagai
Durgasaptasati) interpolasi yang murni, yang sebenarnya adalah sebuah
speaker RSI bernama Medhas, dan yang hanya diulang oleh Markandeya.
5. Bab 91-134, Markandeya dan membawa mereka Kraustuki wacana. Pada
akhirnya, di dekat sini Burung lama wacana yang disampaikan oleh
Markandeya, dan Jaimini thanks mereka dan berangkat.
Saat ini
adalah edisi baru terdiri direvisi dan saat ini tersedia dengan teks
Sansekerta dan terjemahan dari Pargiter. Selain itu, editor telah
diberikan terjemahan sendiri di tempat-tempat yang sesuai dan diabaikan
terjemahan flowless ayat yang ditemukan dalam teks tersedia Bombay edisi
dan edisi lain yang tersedia.
ISI
Pendahuluan iii-xvi
ch. 1-3
Jaimini
diterapkan Markandeya instruksi untuk empat pertanyaan. Markandeya dia
dirujuk ke empat Burung belajar, anak-anak Drona dan Apsaras Vapu yang
telah dikutuk oleh RSI Durvasas menjadi burung, dan menceritakan cerita
mereka lahir, dan pendidikan mereka oleh Samika, dan menjelaskan bahwa
mereka empat brahmanas, yang begitu lahir, karena dikutuk oleh ayah
mereka tidak Sukrsa untuk menawarkan tubuh mereka sebagai makanan untuk
burung yang lapar.
1-10
Burung dari wacana yang di Jaimini dari empat pertanyaan
ch. 4-9
Jaimini
mengunjungi Burung di Vindhya Mts. dan mereka menjawab pertanyaan itu
empat sehingga: - Visnu diasumsikan bentuk tubuh untuk menyelesaikan
baik; Draupadi menjadi istri bersama lima Pandavas karena semua
emanations dari Indra; Baladeva berkomitmen brahmanicide selama
kemabukan dan expiated dengan ziarah, dan lima Visva Devas, yang pada
Visvamitra melihat dari kebrutalan ke raja Hariscandra, censured
Visvamitra, timbul sehingga ia mengutuk dan dilahirkan sebagai anak-anak
lima Draupadi mati muda dan belum.
Berita ini memimpin Burung di
Jaimini permintaan untuk menceritakan seluruh kisah Hariscandra raja
dari segala penderitaan dan kebahagiaan, dan memerangi dahsyat yang
dihasilkan itu antara Vasistha dan Visvamitra sebagai raksasa burung.
15-51
Burung yang 'wacana di Jaimini dari pertanyaan lebih lanjut
Wacana tentang kehidupan, kematian dan tindakan
ch. 10-15
Jaimini
propounded pertanyaan lebih lanjut mengenai konsep, hidup yg berhubung
dgn janin, kelahiran, pertumbuhan, kematian dan konsekuensi dari
tindakan, dan Burung jawab oleh mereka yang menerima instruksi bahwa
Brahman, Sumati, nick-bernama Jada, setelah memberikan kepada ayahnya
(bab 10 -- 30).
Dengan demikian, dalam memberikan Burung Jada
dari kata keterangan kematian, setelah-keberadaan dan Hells tertentu;
manusia konsepsi dan kelahiran, dan semua keberadaan evils; tertentu
lainnya Hells dan berbagai terrible torments kenakan sana, dan mereka
menceritakan cerita dari keturunan raja dari Vipascit ke neraka, dengan
wacana mengenai tindakan dan hukuman yang spesifik untuk suatu daftar
panjang dari berbagai dosa, dan kepada penyelamatan dari neraka
bersama-sama dengan orang lain yg melahirkan di sana.
54-74
Cerita menggambarkan agama ketaatan (yoga)
ch. 16-17
The
Burung, terus Jada dari wacana, broached subyek yoga atau agama
kesetiaan, tetapi prefaced dengan panjang naratif (bab 16 hingga 39). J
Mandavya Brahman disimpan dari kutukan oleh para istri setia, yang
dihentikan meningkatnya matahari dan keuntungan yang didapat dari Atri
isteri Anasuya; para allah makanya Anasuya diberkati, dan Brahma, Visnu
dan Siva dia dilahirkan sebagai anak laki-laki tiga Soma, Dattatreya dan
Durvasas; Dattatreya indulged dalam kenikmatan sensual; Arjuna
Kartavirya Namun, yang dianjurkan oleh para menteri Garga untuk
memperdamaikan Dattatreya, karena Dattatreya (sebagai sebuah jelmaan
dari Visnu) telah sekali 'menyelamatkan allah dari iblis, yang
melakukannya dan berkat dari Dattatreya reigned gloriously. 106 ini
dipimpin ke cerita Alarka, yang digunakan untuk menyampaikan politik,
agama dan sosial instruksi (bab 17-41).
80-94
Alarka kelahiran dan pendidikan
c. 18-23
Raja
Satrujit anak Rtadhvaja tinggal di intim persahabatan dengan dua Naga
raja, mereka mengatakan kepada ayah mereka Asvatara - Rtadhvaja cara
yang telah succoured Brahman Galava dengan bantuan yang menakjubkan kuda
bernama Kuvalaya, dan turun ke Patala, iblis yang telah membunuh
Patala-Ketu sana, dan telah menikah dan rescued yang Gandharva princess
Madalasa, dan terkenal sebagai Kuvalayasva, dan juga bagaimana iblis
telah menyebabkan Madalasa mati pada laporan palsu Kuvalayasva kematian.
Raja Asvatara, kemudian oleh propitiating Sarasvati, ikut serta
keterampilan sempurna dalam puisi dan musik (yang dijelaskan), dan
diterima oleh propitiating Siva Madalasa dikembalikan ke kehidupan;
Kuvalayasva dia diundang ke Patala dan memberikan Madalasa kembali
kepadanya. Kuvalayasva mempunyai seorang anak laki-laki oleh perempuan
itu, dan dia prattled ke bayi, mereka telah tiga lainnya anak laki-laki
dan ia dinamakan Alarka bungsu.
97-124
Politik, agama dan sosial instruksi
ch. 24-32
Kemudian
diikuti sebuah eksposisi politik, agama dan sosial dalam doktrin sbg
instruksi yang diberikan oleh Madalasa ke Alarka. Dia diinstruksikan
kepadanya di dalam melaksanakan tugas dan seorang raja, dalam tugas dari
empat Castes dan seorang Brahmana hidup; dalam tugas-tugas umum dari
grhastha dan berbagai urusan agama, dalam tugas-tugas yang grhastha
secara rinci; dalam upacara sraddha ; dalam performa yang Parvana
Sraddha dan orang yang akan dikeluarkan; di Voluntary sraddhas dan
manfaat dan tepat waktu, dalam aturan Virtuous Custom, secara umum
dengan lebih detail dan; tentang diet, pemurnian, melakukan, hari suci
dan berbagai upacara keagamaan.
129-158
Eksposisi agama ketaatan (Yoga)
ch. 33-41
Rtadhvaja
kemudian mengundurkan diri ke Alarka kerajaannya dan berangkat ke
hutan. Senang tinggal di Alarka, tetapi, yang dikurangi menjadi besar
Straits oleh saudaranya dan raja Kasi, memohon bantuan dari Dattatreya.
Dattatreya berbicara tentang jiwa dan, pada Alarka bertanya tentang
agama dari ketaatan (yoga), expounded metode, kondisi dan tanda-tanda
kinerja yang baik, yang hadir ailments dan tahapan yang mengarah pada
akhir dari keberadaan emansipasi; cara yang harus yogi hidup, mengemis,
dan makan sampai kepada akhir; komposisi, makna dan manfaat dari kata
"Om"; omens sakit dan makna, dan musim, dan pentingnya, yoga. Alarka
kemudian melepaskan kerajaan, tetapi saudaranya, senang di 'Alarka
konversi, menolak dan pergi. Alarka memberikannya kepada anak laki-laki
dan berangkat ke hutan. Ini berakhir Jada's eksposisi.
164-187
Burung dari wacana yang pada pertanyaan lebih lanjut dari Jaimini
Wacana mengenai Penciptaan
ch. 42-49
Jaimini
menaruh pertanyaan lebih lanjut, dan Burung jawab mereka Markandeya
mengulangi apa yang telah diajarkan Kraustuki. Wacana ini berjalan pada
akhir Purana.
Markandeya, setelah extolling ini Purana,
dijelaskan kursus penciptaan dari Brahma melalui Pradhana, dan keduniaan
telur, ia discoursed tentang Brahma, dan dijelaskan Tuhan dan manusia
dan waktu empat usia. Dia menggambarkan penciptaan bumi dan semua
berisi; para allah, iblis, pitrs, manking, dan posisi mereka ditugaskan;
asal ras manusia di jaman purba dan evolusi sosial dan moral, yang
lahir dari sembilan Sages, Rudra, manu Svayambhuva dan keturunannya, dan
keturunan Daksa; J-dharma dan anak, terutama Duhsaha goblin dan
kekuasaan, yang memeram goblins dari hags dan diberi nama dengan fungsi
tertentu; penciptaan yang Kudras, dan istri-istri dan keturunan dari
rsis dan pitrs.
190-230
Account yang Manus
ch. 50
Markandeya
berikutnya discoursed dari Manus dan manvantaras. Dia memberitahu yang
pertama Manu, Svayambhuva, dan keturunan yang peopled tujuh benua.
Jambudvipa yang diduduki oleh Agnidhra, dan keturunan Bharata memberi
namanya ke India. Ini diperkenalkan subjek geografi.
233
Geografi
ch. 51-57
Markandeya
dijelaskan bumi dan benua, terutama Jambu-dvipa; dan juga Gunung Meru,
pertama sebentar, dan kemudian dengan penuh menyebutkan hutan di
sekitarnya, gunung dan danau, dan pada waktu yang berbeda dalam Ganges
di langit dan di bumi. Dia menyebutkan sembilan divisi dari Bharata,
kemudian berurusan dengan India secara rinci; nama-nya tujuh gunung
rentang dan tersebar bukit, dan sungai-sungai, mereka bedakan menurut
sumber, di Himalaya, yang Paripatra, yang Vindhya, yang Rksa, yang
Sahya, di Malaya, dan Mahendra di Suktimat rentang. Dia bernama berbagai
bangsa inhabiting India dan confines, karena menurut mereka berdiam di
Tengah Tanah (Madhya-desa), di sebelah utara-barat, di luar arah utara,
di sebelah utara, di sebelah timur, di sebelah selatan, di sebelah
barat, Vindhya di sekitar gunung-gunung dan di bawah Himalayas.
Berikut
mewakili Indonesia sebagai istirahat setelah Visnu dalam bentuk
kura-kura, bernama Markandeya berbagai bangsa (yang sesuai dengan
constellations lunar) sebagai disalurkan melalui bagian tengah tubuh
kura-kura, lebih-nya wajah, dan kaki kanan bagian depan, dan kanan
lambung, dan hak-hind makanan, dan ekor, dan kaki kiri tengkuk, yang
terletak di samping kiri dan kaki kiri bagian depan, dan dia menambahkan
beberapa Astrological, agama dan politik komentar. Dia kemudian
menggambarkan negara Bhadrasva, Ketumala, di Northern Kurus, Kimpurusa,
Hari-varsa, Ilavrta, Ramyaka, dan Hiranmaya.
236-295
Account yang Manus (dilanjutkan)
ch. 58-77
Markandeya
terkait kelahiran kedua Manu. J Brahman Himavat dikunjungi dan bertemu
dengan seorang Apsaras Varuthini; yang Gandharva Kali oleh personating
dia memperoleh kasih sayang dia dan dia seorang anak laki-laki Svarocis
membosankan. Svarocis menyampaikan gadis Manorama dari kutukan dan dia
menikah, dan juga rescued her girl-dua sahabat-sahabatnya dan mereka
menikah, setelah lama tinggal di lalai senang dengan mereka, dia
mempunyai tiga anak-anak yang didirikan pada dia terpisah oleh kerajaan
yang disebut Padmini pengetahuan dan dia oleh dewi hutan lainnya yang
menjadi anak Dyutimat kedua Manu, Svarocisa; dan periode yang
perhatikan. Yang kiasan kepada pengetahuan Padmini wacana diperkenalkan
pada pendukung, yang Nidhis.
Terus, Markandeya terkait bagaimana
raja Uttama banished his ratu untuk naik darah, dan membantu untuk
menemukan sebuah Brahman itu sakit marah istri yang telah dibawa off;
dia rebuked oleh RSI untuk melakukan sendiri, ia kembali dengan Brahman
isteri, yang buruk tersembunyi; Brahman yang berubah sifat dia dan dia
Raksasa dikembalikan ke raja Uttama; dia membosankan seorang anak
laki-laki, yang menjadi yang ketiga Manu, Auttama, dan perhatikan adalah
periode.
Markandeya terkait bagaimana raja Svarastra ketika
didorong dari kerajaannya, ia bertemu dengan almarhum ratu, dan seorang
anak laki-laki yang telah menjadi keempat Manu, Tamasa; nya adalah bahwa
periode. RSI Rtavac yang menjadikan konstelasi Revati jatuh; gadis yang
lahir itu, dia menikah Durgama raja dan membosankan seorang anak
laki-laki, yang menjadi kelima Manu, Raivata; nya adalah bahwa periode.
Caksusa, yang berubah bila bayi oleh masygul, menjadi kingVikranta dari
anak laki-laki, tetapi menjadi sebuah ascetic dan menjadi yang keenam
Manu, Caksusa; nya adalah bahwa periode.
Melanjutkan manvantaras,
Markandeya kata menikah Minggu Tvastr's daughter Sanjna dan mempunyai
dua anak laki-laki Vaivasvata dan Yama; Sanjna quitted dia, dia
meninggalkan Shadow di belakang, karena ia telah berlebihan semarak;
Tvastr pared his kemegahan bawah sementara Manu kedelapan, Savarni.
Vaivasvatais yang ketujuh dan hadir Manu; nya adalah bahwa periode.
Periode masa depan Sevarni dengan rsis, allah, dll, yang dinubuatkan.
296-358
The Devi-Mahatmya
ch. 78-90
Yang
menyebutkan dari Savarni memperkenalkan Devi-mahatmya. Markandeya
terkait bahwa raja Suratha, yang ousted dari kerajaannya, bertemu dengan
seorang Vaisya didorong dari keluarganya, dan yang kedua berkonsultasi
tentang RSI longings untuk rumah mereka, yang mereka RSI ascribed
perasaan dewi ke Maha-maya (Great Illusion), dan yang berhubungan dengan
cara , ketika ia lauded oleh Brahma, Visnu madhu iblis yang telah
membunuh dan Kaitabha.
RSI Al Qur'an yang kemudian dia exploits.
Dimulai disini dengan Devi mahatmya-benar. Iblis yang tewas di bawah
Mahisa para dewa dan dewi dibentuk sebagai Candika, (Ambika) dari mereka
khusus energi gabungan; dia mulai peperangan yang besar dan
menghancurkan setan, iblis semua pemimpin-pemimpin dan akhirnya Mahisa
sendiri. Para allah memuji dia dalam mazmur, dan dia berjanji akan
selalu menolong mereka. Kembali para dewa telah tewas oleh iblis Sumbha
dan Nisumbha, dan dia invoked; ia muncul, dan Sumbha dia ingin menikah
tetapi ia menolak, ia telah mengirim tentara dan dia hancur itu, ia
dikirim lain dengan canda dan munda; dewi Kali yang hancur Candika dan
mereka memberi dia gabungan nama Camunda; Sumbha dikirim segala tentara;
Candika membunuh pemimpin Raktavija, maka Nisumbha walaupun Sumbha dari
bantuan, dan banyak iblis, dan akhirnya Sumbha dirinya; itu adalah alam
semesta penuh dengan sukacita. Para allah memuji dia dalam mazmur dan
dia berjanji akan membebaskan mereka selalu. Dia descanted pada ciri
dari puisi ini. Para allah mereka regained keagungan, dan ia extolled.
Disini yang berakhir Devi-mahatmya benar. Setelah mendengar puisi ini
Suratha Raja Candika disembah, dan ia berjanji ia harus menjadi Manu
kedelapan, Savarni.
359-406
Account yang Manus (dilanjutkan)
ch. 91-97
Markandeya,
terus, menyebutkan Manus lainnya di masa mendatang, yang kesembilan,
kesepuluh, kesebelas dan kedua belas bernama Savarna, dan ketiga bernama
Raucya, dan waktu. H. menceritakan cerita Raucya. J Prajapati Ruci
telah mendesak oleh Pitrs untuk menikah, ia propitiated Brahma dan
senang dengan Pitrs dalam mazmur, mereka muncul dan menjanjikan
kepadanya seorang isteri dan extolled nya gita; sebuah Apsaras dia
menikah dan memiliki anak yang akan menjadi ketigabelas Manu Raucya.
Santi, yang murid seni bengkeng RSI Bhuti, mencari suci api
extinguished, ditawarkan ke bertasbihlah Agni. Agni dikembalikan api dan
berjanji untuk Bhiiti anak yang harus dia yang keempatbelas Manu,
Bhautya. Bhautya dari zaman apa adanya. Account ini dari manvantaras
adalah extolled.
407-426
Permulaan dari Genealogies
ch. 98
Pada
Kraustuki permintaan Markandeya memulai genealogies. Brahma menciptakan
Daksa, yang datang dari Martanda, Sun. Kemudian menyebutkan bahwa
Brahma lahir dari keduniaan telur, dan menghasilkan lokas (dunia), dan
selanjutnya empat Vedas dengan ciri - Markandeya diverged menjadi
puji-pujian dari Minggu
430
Yang keagungan dari Sun
ch. 99-107
Para
dewa dan Vedas yang dinyatakan sebagai manifestasi dari Sun. Matahari
bangga pada pertama terlalu besar, dan bertasbihlah dengan Brahma dia
dipaksa untuk kontrak dan kemudian selesai penciptaan. Marici putra
Kasyapa Begot para allah, iblis, manusia, dll yang berhasil iblis dan
para allah Aditi dicari bantuan Sun dalam mazmur. Ia menjadi anaknya
sebagai Martnda dan menghancurkan iblis. Cerita Sun dan isterinya Sanjna
(seperti yang dikatakan dalam bab 74 dan 75) adalah kembali kepada
disini dengan lebih detail mengenai Shadow-Sanjna, kutukan pada Yama, di
bawah kulit dari Sun keindahan, yang ditawarkan kepada hymns Minggu,
dan Minggu dari keturunan dan stasiun dialokasikan mereka.
Markandeya
yang lebih terkait Rajya-raja vardhana bila lama terselesaikan diri ke
kerajaan, tetapi umat-Nya dalam kesedihan propitiated Sun, dan Minggu
diberikan kepadanya sangat panjang kehidupan; raja juga memperoleh
keuntungan yang sama untuk mereka. Cerita ini adalah extolled.
432-455
Dilanjutkan dengan Genealogies
ch. 108-133
Manu
Markandeya disebutkan Vaivasvata dari tujuh anak laki-laki dan
Ila-Sudyumna, Pururavas, dll Manu anak yang dibunuh Pusadhra Brahman
dari sapi dan menjadi terkutuk menjadi sudra. Karusa dari keturunan yang
disebutkan. Dista anak Nabhaga menikah vaisya gadis yang disengaja dan
menjadi vaisya; anak laki-lakinya Bhanandana menaklukkan bumi, tetapi
Nabhaga ditolak untuk memerintah. Kemudian Nabhaga istri menjelaskan
bahwa ia tidak benar-benar sebuah janji pemulihan, dan bahwa ia adalah
seorang princess dan telah menjadi vaisya di bawah Agastya dari kutukan.
Bhanandana
menjadi raja. Anaknya Vatsapri rescued a princess Sunanda dari Patala
setelah membunuh seorang raja iblis yang mempunyai magic klub dan dia
menikah. Anaknya telah Pramsu dan Pransu anak Prajati. Prajati adalah
putra Khanitra dermawan; saudaranya dari menteri sihir dilakukan untuk
menurunkan dr takhta namun dia sendiri hancur; Khanitra diri kerajaan
dalam kesedihan dan pergi ke hutan. Anaknya Ksupa dilakukan korban untuk
panen. Anaknya itu dan Vira grandsom Yivimsa. Vivimsa anak Khaninetra
saat bertemu dua berburu rusa empik akan dikorbankan oleh Indra dan
nikmat yang diperoleh anak Balasva. Balasva disebut Karandhama karena
kemenangan yang fantastis.
Aviksit anaknya laki-laki dan dibawa
princesses off princess Vaisaini dalam pidato svayamvara; pelamar yang
menaklukkan raja-raja dan menangkap dia, tetapi ia menolak mereka semua;
Karandhama rescued Aviksit, tetapi Aviksit menolak untuk menikah dengan
princess setelah penggagalan; ia beralih ke austerities dan mendapatkan
sebuah jaminan dari allah: Aviksit ibu oleh perdayaan memperoleh janji
dari dia untuk memperanakkan seorang anak laki-laki: saat berburu ia
rescued the princess dari iblis dan senang para allah: membuktikan dia
menjadi Gandharvamaiden dan Aviksit menikah dia Gandharva di dunia; Dia
seorang anak laki-laki Marutta membosankan ada Aviksit kembali kerajaan
tetapi menolak karena dia kebingungan. Marutta menjadi raja, dan 653
universal raja, sacrificer yang besar, dan liberal ke brahmans dermawan.
Nagas yang memberi masalah besar, dan ia menyerang mereka, tetapi
Aviksit interposed demi yang Nagas; peperangan telah averted oleh rsis
dan Nagas dibuat rugi. Marutta istri yang bernama.
Anaknya
Narisyanta kaya yang brahmans secara permanen pada korban yang besar.
Anaknya Dama telah dipilih oleh Dasarna princess, penuntut dan raja-raja
yang dikalahkan, yang melanggar undang-undang perkawinan, menentang
dia. Dama menjadi raja. Narisyanta telah dibunuh di hutan Vapusmat oleh
salah satu raja-raja mereka. Dama bewailed, bernazar dan balas dendam
terhadap pembunuh; dia membunuh Vapusmat dan merayakan upacara pemakaman
ayahnya dengan Vapusmat dari daging dan darah.
459-534
Kesimpulan
ch. 134
Burung
yang ditutup mereka panjang pengulangan dari Markandeya instruksi ke
Kraustuki, dengan encomium pada Puranas dan Purana ini pada khususnya.
Jaimini terima kasih mereka.
http://bhujangga-waisnawa.blogspot.co.id/2008/09/markandeya-purana.html
kami mohon maaf karena karena belum semua berisi artikel, hal ini dikarenakan blog ini masih dalam perbaikan.semoga beberapa hari kedepan sudah terisi seluruh artikelnya terimakasih telah mengunjungi kami
Tidak ada komentar:
Posting Komentar